Jumat, 14 Juli 2017

Empat Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Android yang Sering Crash

Marah karena aplikasi android yang force close
Ilustrasi
Kesel gak? Jika anda ingin menggunakan aplikasi android kalian tiba-tiba crash entah itu forced close, notresponding dan tidak bisa dibuka atau error. Kemungkinan yang terjadi mungkin adalah kecewa dan langsung rate aplikasi di playstorenya dengan tidak suka atau benci. Apalagi jika aplikasi yang anda gunakan begitu penting untuk kebutuhan sehari-hari walaupun game sekalipun. Nah, disini saya akan saya beritahu bagaimana cara mengatasinya. But, comment dan share tulisan ini yah dan semoga bermanfaat. Ok, begini empat cara mudah untuk mengatasi aplikasi android yang sering crash, dan saya coba di android Marshmallow.

Update Aplikasi lewat Playstore


Update aplikasi di Playstore
Update aplikasi di Playstore
Setiap aplikasi terkadang ada saja bug/celah yang membuat aplikasi crash, maka sebaiknya aplikasi diupdate melaui playstore untuk mendapatkan dukungan fitur baru dan update fix yang terbaru. Sehingga mengurangi resiko untuk crash, notresponding dan menambal bug yang ada. Update juga biasanya menambahkan fitur baru yang ada.

Paksa Berhenti Aplikasi


Paksa berhenti Aplikasi
Paksa berhenti Aplikasi
Bila aplikasi tiba-tiba force close ketika dibuka atau aplasi system yang tiba-tiba force close, bisa dengan cara melakukan fitur paksa berhenti di pengaturan dan lakukan restart maka service system atau aplikasi akan berjalan normal kembali. Caranya masuk ke pengaturan cari setting untuk aplikasi dan klik aplikasinya atau bisa untuk android tipe kitkat ke atas dengan drag dan tahan ikon aplikasi drag ke info, pilih atau cari paksa berhenti. Kemudian jangan buka dahulu, dan restart.

Hapus data dan cache


Hapus data dan cache
Hapus data dan cache
Cache adalah data singgahan sementara yang disimpan suatu aplikasi, baik itu data pencarian, dan informasi lainnya sedangkan data adalah ruang yang telah diisi dengan informasi akun yang tersimpan baik itu gambar, atau file multimedi lainnya. Caranya sangat mudah sama dengan cara sebelumnya dengan masuk ke pengaturan, pilih aplikasi dan pilih di penyimpanan pada info aplikasi pilih hapus data dan hapus cache. Atau bisa menggunakan aplikasi cleaner pihak ke tiga.

Pindah lokasi Penyimpanan


Ganti lokasi Penyimpanan
Ganti lokasi Penyimpanan
Terkadang penyimpanan aplikasi di memory eksternal sering bermasalah seperti yang saya pernah alami, dan masalah hak akses atau read and write data khususnya untuk game tapi tidak semua. Biasanya game akan error dan tidak bisa dimainkan, untuk itu penyimpanan perlu dipindah ke memory ROM atau internal dan buka lagi pasti bisa dimainkan.

Jadi, untuk kalian yang kadang download di playstore sering crash sebaiknya jangan salahkan pengembang dulu cek dulu minimal kebutuhan hardware dari aplikasinya.



Jun Hidin

Saya suka menulis dan saya adalah seorang karyawan swasta dibagian IT.

9 komentar:

  1. Jadi tahu cara Mengatasi Aplikasi Android yang Sering Crash

    BalasHapus
  2. trimz sangat bermanfaat sekali pada hp android saya...

    BalasHapus
  3. Sudah saya coba dan ternyata berhasil gan. Terimakasih banyak

    BalasHapus
  4. oo, jadi ini toh caranya :D

    BalasHapus
  5. Terima kasih infonya. Aku sering kali ngalamin yang beginiaan ini. Alat makin canggih masalah kadang juga kian runyam.

    BalasHapus
  6. ” Artikel nya bagus gan, ane jadi tau tambah ilmu..
    Oh iya, Blog agan sudah ane Follow, jika berkenan Follback juga blog saya http://desadiacehonline.blogspot.com/ ”

    BalasHapus

 

Copyright @ 2015